50 ROMANTIC MINIATURES: A Romantic Coloring Book, Featuring 50 Lovely Illustrations of Ador

50 ROMANTIC MINIATURES: A Romantic Coloring Book, Featuring 50 Lovely Illustrations of Ador

Fisika Sekolah Menengah Atas Hubungan kalor dengan hukum termodinamika

Hubungan kalor dengan hukum termodinamika

• Keadaan suatu sistem dalam termodinamika dapat berubah-ubah, berdasarkan percobaan besaran-besaran keadaan sistem tersebut. Namun, besaran-besaran keadaan tersebut hanya berarti jika sistem berada dalam keadaan setimbang. Misalnya, jika Anda mengamati suatu gas yang sedang memuai di dalam tabung, temperatur dan tekanan gas tersebut di setiap bagian tabung dapat berubah-ubah. Oleh karena itu, Anda tidak dapat menentukan suhu dan temperatur gas saat kedua besaran tersebut masih berubah. Agar dapat menentukan besaran-besaran keadaan gas, gas harus dalam keadaan reversibel. Apakah yang dimaksud dengan proses reversibel? Proses reversibel adalah suatu proses dalam sistem di mana sistem hampir selalu berada dalam keadaan setimbang.

• Jadi ketika kalor mengalir dari benda yang bersuhu tinggi menuju benda yang bersuhu rendah, sebenarnya energi-lah yang berpindah dari benda yang bersuhu tinggi menuju benda yang bersuhu rendah. Proses perpindahan energi akan terhenti ketika benda-benda yang bersentuhan mencapai suhu yang sama. Selain itu, Kalor = Usaha, yaitu hanya muncul jika terjadi perpindahan energi antara sistem dan lingkungan. Kalor muncul ketika energi dipindahkan akibat adanya perbedaan suhu atau perubahan wujud zat.

Berdasarkan percoban joule pada tara kalor mekanik. para ilmuwan menginterprestasikankalor bukan sebagai bentuk energi melainkan sebagai "transfer energi" : ketika kalor mengalir dari benda panas ke yang lebih dingin, energi-lah yang ditransferkan dari yang panas ke yang dingin. dengan demikian kalor merupakan energi yang ditransfer dari satu benda ke yang lainnya karena adanya perbedaan temperatur

Penjelasan:

mff klo slh

[answer.2.content]