Abstrak
Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan tinjauan historis Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial (PIPS) di Indonesia. Pendidikan IPS di Indonesia tidak serta merta muncul dan
berkembang sesuai dengan yang ada pada saat ini, akan tetapi mengalami perjalanan panjang
dengan penuh dinamikanya. Tulisan ini mengkaji tentang pendidikan IPS ditinjau dari sejarah dan
perkembanganya dengan menggunakan langkah-langkah metode historis yaitu heusristik, kritik
sumber (ekstern dan intern), interpretasi dan historiografi. Perkembangan Pendidikan IPS di Indonesia
mengadopsi Pendidikan IPS di beberapa Negara besar dunia. Amerika serikat dan Inggris menjadi
acuan Pendidikan IPS di Indonesia. Hal ini merujuk pada kesamaan kondisi masyarakatnya yang
multikultural dan latarbelakang kondisi Negara yang kacau pada saat itu. Namun demikian,
perkembangan Pendidikan IPS di Indonesia terdapat penyesuain dengan kondisi masyarakat dan
pemerintahan yang ada di Indonesia sehingga berdampak pada penyusunan kurikulum pendidikan
IPS di Indonesia yang disampaikan pada pembelajaran di Sekolah. Seiring perkembangan teknologi,
pendidikan IPS berkembang dengan memanfaatkan berbagai sumber dan media pembelajaran.
Selain memanfaatkan kemajuan teknologi, perkembangan meteri pembelajaran IPS juga masih
melibatkan masyarakat yang lebih luas.
Kata Kunci: Pembelajaran IPS; Perkembangan IPS
[answer.2.content]